Saturday, April 9, 2011

Peterpan... Band yang akan melegenda

Peterpan memenangkan banyak penghargaan band pop rock Indonesia. Band ini awalnya terdiri dari enam anggota, yang dikenal sebagai Andika, Indra, Ariel, Uki, Loekman, dan Reza, dua pertama yang telah sejak meninggalkan band. Mereka terkenal di Indonesia untuk sederhana mereka (kadang-kadang puitis) lyrics, beats catchy dan suara Ariel

o> Formasi

Pada tahun 1997 keyboardist Andika (Andika Naliputra Wirahardja) membentuk band sekolah di Bandung, Indonesia. Band ini bernama Topi, dengan gitaris Uki (Mohammad Kautsar Hikmat), vokalis Ariel (Nazril Irham), pemain bas Abel, dan drummer Ari. Mereka terutama dimainkan Brit rock Alternatif sampai Ari mengundurkan diri dari grup, dan Topi bubar.

Andika berkumpul kembali mantan anggota Topi pada tahun 2000. drummer itu diganti oleh Reza (Ilsyah Ryan Reza), seorang mahasiswa dari Palu. Loekman (Loekman Hakim), teman kakak Indra tua, bergabung sebagai gitaris mereka. Andika menyarankan Peterpan sebagai nama untuk band mengacu pada Peter Pan, karakter dibuat oleh penulis JM Barrie. Nama lain mereka menganggap adalah Mickey Mouse, Spiderman, dan X-Men. Band ini resmi didirikan pada tanggal 1 September 2000. Peterpan diputar di Bandung jalan-jalan dan gigged di kafe, dengan tujuan untuk menjadi house band di salah satu kafe di kota itu. Mereka sering tertutup lagu-lagu pop dan rock (Nirvana, Pearl Jam, Coldplay, U2, Creed, dll) pada O'Hara dan Sapu Lidi kafe.

o> Pencatatan

Itu adalah di Sapu Lidi bahwa band ini terlihat oleh Noey, produser yang berencana merilis album kompilasi. Peterpan merekam lagu-lagu demo tiga: "Sahabat" (Best Friend), "Mimpi Yang Sempurna" (A Perfect Dream), dan "Taman Langit" (Sky Garden). "Mimpi Yang Sempurna" dipilih untuk album, berjudul Kisah 2002 Malam (Kisah 2002 Malam). Album ini sukses secara komersial, menjual 150.000 eksemplar terhormat, dan "Mimpi Yang Sempurna" diberikan rotasi berat di radio Indonesia.

Musica, label besar atas Indonesia, Peterpan menawarkan kontrak, dan pada bulan Juni 2003 album debut mereka Taman Langit (Sky Garden) telah dirilis. Album kedua mereka Bintang Di Surga (Bintang di Surga) diluncurkan pada bulan Agustus 2004, menjual 350.000 kopi dalam dua minggu. Pada akhir tahun 2005, telah menjual 2,7 juta kopi yang luar biasa.

Album ketiga mereka dirilis pada bulan September 2005, soundtrack untuk film Alexandria Rexinema. Album ini berjudul Menunggu Pagi (Menunggu Fajar) dan rilis resmi tertutup secara simultan oleh enam stasiun TV terkemuka di Indonesia nasional. Album soundtrack termasuk lima lagu baru untuk film dan penafsiran lima lagu-lagu mereka dari Bintang Di Surga. Peterpan berkolaborasi dengan penyanyi pop Chrisye veteran Indonesia pada lagu "Menunggumu" (Waiting For You), yang kemudian digunakan sebagai lagu tema untuk opera sabun liontin Indonesia.

o> Perubahan

Pada bulan November 2006, Andika dan Indra berpisah dengan sisa band, dengan kedua belah pihak dengan alasan perbedaan musik. Menurut Ariel, ada masalah sejak pembuatan album pertama mereka. Indra juga baru saja kehilangan anaknya. Andika dan Indra bergabung dengan sebuah band baru bernama The Titans, dan ditandatangani dengan label internasional EMI Music Indonesia, merilis sebuah album self-titled dan single "Rasa Ini" (Ini Feeling).

Pada tahun 2007 para anggota lainnya dari Peterpan merilis album Hari Yang Cerah (A Bright Day), yang gagal untuk menjual bahkan serta debut mereka.

Perjanjian dimana Andika dan Indra meninggalkan band ini mempersilahkan para anggota yang tersisa untuk terus menggunakan nama Peterpan hingga akhir tahun 2008. [2] Pada awal tahun 2008 band ini mengumumkan bahwa mereka akan mengganti nama mereka, menyatakan bahwa mereka 2008 Sebuah album studio Nama Sebuah Cerita (Satu Nama, Satu Story) akan menjadi yang terakhir mereka dengan nama Peterpan. Album ini sendiri sebagian besar terdiri dari hits populer dari sejarah band, dengan empat lagu baru, "Walau Habis Terang" (Meskipun Low Light), "Kisah Cintaku" (My Love Story) (a cover Chrisye), dan "Dilema Besar" (Dilema Besar), dan "Tak Ada Yang Abadi".

o> Kehidupan pribadi

Ariel menikah dengan Sarah Amelia. Pasangan itu memiliki anak perempuan bernama Allea Ananta. Mereka bercerai pada tahun 2008. Pada tahun 2010 ia dituduh melanggar undang-undang anti-pornografi Indonesia saat video yang tampaknya dia berhubungan seks beredar di internet setelah laptop-nya dilaporkan dicuri.

o> Setting merekam

Di tengah jadwal yang ketat mereka pada tahun 2003-2004, yang mencapai klimaks pada tanggal 18 Juli 2004, Peterpan berencana untuk tampil di enam kota lain di Indonesia hanya dalam 24 jam.  Konser yang berjudul Konser Breaking Record dan tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI , Indonesia Museum of Record), dan termasuk konser di 2 pulau utama Indonesia: Sumatra dan Jawa. Konser dimulai pada tanggal 18 Juli di Medan Propinsi Sumatera Utara, Padang, Pekanbaru, Lampung, Semarang Propinsi Jawa Tengah, dan akhirnya berakhir di Surabaya Propinsi Jawa Timur.
[Sunting] Diskografi
ALBUM TAHUN NOMOR NAMA SALE SALE SERTIFIKASI
2003 Sky Garden 850.000 Platinum 5 kali
2004 Sebuah Bintang Di Surga 3.200.000 Platinum 21 kali
2005 Menunggu Untuk Fajar 1.200.000 Platinum 8 kali
2007 Sebuah Bright Hari 900.000 Platinum 6 kali
2008 Satu Nama, Satu Cerita 580.000 Platinum 4 kali

o> Penghargaan dan pengakuan
Terjemahan Bahasa Inggris Mengingat Dengan Catatan
2002
Rookie Rookie of the Year of the (Majalah Hai) Majalah Hai Tahun
2004
Paling Populer Newcomer - Band / Group SCTV Music Award
Triple Platinum Album - Taman Langit Album Triple Platinum - Sky Garden Musica Studios Indonesia
Rekor untuk tampil di 6 kota berbeda dalam 24 jam MURI (Museum Rekor Indonesia) 18 Juli 2004 - 19 Juli 2004
2005
Favorite Artist Indonesia MTV Asia Awards bulan Februari 2005
Paling Populer Album Pop - Band / Group SCTV Music Award Mei 2005
Song Penghargaan SCTV Paling Populer Musik Mei 2005
Band SCTV Music Award Paling Populer Agustus 2005
Penjualan Album Sebagian besar Year "Bintang di Surga A" September MTV Asia Awards 2005
Best Pop Song - Band / Grup: "What's Up With You" AMI Awards November 2005
Best Pop Song: "What's Up With You AMI Awards November 2005
Lagu Terbaik Alternatif - Band / Grup: "Saya Ucapkan dihias bagus" November AMI Awards 2005
Album Terbaik: "A Star di Surga" AMI Awards November 2005
Best Album Seni: "Sebuah Bintang di Surga" AMI Awards November 2005
Produksi Terbaik: "A Star di Surga" AMI Awards November 2005
Pilihan Rock Song
2006
Favorite Artist Indonesia MTV Asia Awards April 2006
Paling Populer Album Pop - Band / Group SCTV Music Award Mei 2006

o> Garis-up
o> personil Lancar

    * Nazril Irham (Ariel), Lead vokal, lahir di Pangkalan Brandan, September 16, 1981
    * Mohammad Kautsar Hikmat (Uki), lahir di Bandung
    * Ilsyah Ryan Reza (Reza), lahir di Poso, 11 Maret 1977
    * Loekman Hakim (Loekman), lahir di Cianjur, 30 Desember

o> personil Ex

    * Andika Naliputra Wirahardja (Andika)
    * Hendra Suhendra (Indra), lahir di Bandung, 1977 Hari Valentine

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
saya adalah seorang mahasiswa yang sedang mendalami ilmu di POLITEKNIK TELKOM BANDUNG,,
Powered by Blogger.